You are currently viewing 3 Skill yang Harus Dimiliki untuk Menjadi Admin HRD

3 Skill yang Harus Dimiliki untuk Menjadi Admin HRD

HRD merupakan divisi yang selalu berkutat pada hal yang berkaitan dengan Sumber Daya Manusia (SDM) di dalam perusahaan. Dalam HRD sendiri memiliki beberapa bagian di dalamnya, salah satunya adalah posisi admin HRD.

Sebenarnya, tugas dan tanggungjawab admin HRD tidak begitu berbeda dengan pekerjaan admin pada departemen lainnya. Akan tetapi, tugas admin HR lebih banyak berhubungan dengan karyawan dan data. Sesuai dengan Namanya, admin HR akan berfokus pada administrasi karyawan dengan perusahaan, contohnya pencatatan cuti, absen, pinjaman karyawan, dan sebagainya.

Menjadi admin HR harus memiliki tiga kriteria skill supaya bisa menjalankan tugas-tugasnya dengan baik. Keahlian ini akan menunjang pekerjaan admin HR agar bisa lebih baik lagi. Nah, berikut adalah tiga skill-nya.

1. Teliti, detail, dan fokus
Teliti, detail, dan fokus sangat diperlukan mengingat admin HR memiliki berbagai pekerjaan yang harus diselesaikan. Beberapa tugas seperti input data karyawan, menyiapkan surat dinas dan lainnya, tentu tak boleh ada kesalahan. Namun, bukan berarti juga pekerjaan ini menakutkan, karena ada baiknya sebagai admin HR mengevaluasi pekerjaannya sendiri agar tidak ada yang terlewat.

2. Multitasking
Dalam dunia kerja, kini semua orang dituntut untuk multitasking. Begitu juga dengan admin HR. banyak pekerjaan yang berhubungan dengan karyawan dan urusan yang berbeda-beda. Untuk itu, admin HR perlu punya catatan khusus bagi dirinya sebagai reminder pekerjaan mana yang sudah dan belum dikerjakan.

3. Bernegosiasi
Sosialiasi dan koordinasi menjadi bagian dari tugas admin HRD. Oleh sebab itu, keterampilan dalam bernegosiasi menjadi salah satu hal yang harus dikuasai. Admin HR bakal berhubungan dengan banyak pihak dan membahas banyak hal tentang keperluan masing-masing pihak.

Peran admin HRD cukup penting, salah satunya menjaga kestabilan urusan karyawan melalui data yang sesuai dengan kondisi aktual. Bisa dibayangkan ya jika pengelolaan data oleh admin tidak tertib.