Sangat menyenangkan bila mendapat panggilan interview dari perusahaan yang kita impikan. Tetapi, setelah interview, tak sedikit juga kandidat yang kebingungan mengenai berapa lama menunggu hasil wawancara untuk mendapatkan kepastian atau jawaban.
Soal hasil wawancara kerja, biasanya kandidat diminta untuk menunggu satu minggu atau lebih setelah interview. Bahkan, terkadang bisa juga memakan waktu lebih dari seminggu.
Pasalnya, HRD perlu mempertimbangkan dan membandingkan kompetensi yang kita miliki dengan pelamar yang lain. apalagi, posisi yang kita lamar adalah posisi yang banyak diincar oleh para jobseeker.
HRD juga perlu melakukan hal-hal lainnya, seperti pekerjaan recruiter menumpuk, jumlah kandidat yang banyak, adanya masalah yang urgent untuk diselesaikan, dan lain sebagainya.
Oleh karena itu, penting bagi para kandidat untuk menanyakan kepastian pengumuman hasil interview dari HRD. Akan tetapi, sambil menunggu hasil, kita juga bisa melakukan beberapa hal yang produktif seperti di bawah ini.
Melamar pekerjaan di tempat lain
Menunggu hal tidak pasti memang melelahkan dan memang bukan hal yang menyenangkan. Apalagi menunggu hasil interview. Meskipun kita yakin kalau kita sudah menjalankan wawancara kerja dengan baik, belum menjamin juga kalau kita bakal diterima. Sebab, bisa saja HRD meng-interview kandidat lain juga yang ternyata punya kompetensi lebih baik dari kita.
Maka dari itu, gunakan waktu menunggu hasil interview dengan melamar pekerjaan yang lain jika kita memang tidak diterima.
Follow up hasil interview
Kalau belum dapat kepastian soal hasil interview, tidak salah bagi kita jika ingin menanyakan langsung kepada HRD di perusahaan yang kita lamar.
Sebagian kandidat merasa hal ini kurang sopan jika dilakukan, padahal sah-sah saja, karena bisa saja HRD lupa untuk memberitahu kita soal hasil rekrutmen yang kita lakukan di perusahaan tersebut.
Meski begitu, kita juga perlu tahu bagaimana cara menanyakan hasil interview yang baik dan benar ketika ingin mem-follow up-nya. Kita bisa menanyakan hal ini lewat email, tentunya dengan baik dan sopan.
Pelajari skill lain
Selain dua hal di atas, kita juga bisa mencoba mendalami skill atau bahkan menggali potensi lainnya sambil menunggu hasil interview.
Memiliki kemampuan lain pastinya membuat kita punya nilai plus di mata para rekruter, sehingga peluang kita untuk diterima kerja jadi lebih besar. Sebab, jika kita berkesempatan untuk interview lagi di perusahaan yang berbeda, kita bisa menjawab pertanyaan dengan hal ini tentang kegiatan apa yang dilakukan selama menunggu mendapatkan pekerjaan.