You are currently viewing Tugas Utama dari Seorang HRD

Tugas Utama dari Seorang HRD

  • Post author:
  • Post category:HRD

Jika mendengar kata HRD (Human Resources Department), maka terlintas di pikiran kita bahwa tugasnya hanya merekrut saja, tetapi lebih dari sekadar itu. HRD memang merupakan sosok penting yang bisa memegang krusial bagi operasional perusahaan.

Tugas utama menjadi seorang HRD adalah merekrut kandidiat yang sesuai kualitfikasi. Mulai dari tahap seleksi berkelas, wawancara, sampai offering letter.

Akan tetapi, HR juga punya tugas untuk mengawasi perusahaan agar menaati regulasi pemerintah, demi mghindari masalah hukum di masa mendatang.

Di samping itu, tugas HRD di perusahaan juga bertanggung jawab menangani hal-hal terkait sumber daya manusia yang eksis di kantor. Ternyata, ada juga yang menganggap kalau tugas HRD cuma sekedar cari kandidat.

Well, tugas HRD juga bukan sekadar merekrut karyawan saja, tapi ada beberapa tugas lain yang harus dituntaskan juga. Dan ternyata tanggungjawab HRD enggak itu saja saja. Berikut ini tugas utama seorang HRD sebagai berikut.

1. Perencanaan
2. Rekrutmen dan seleksi
3. Training & Development
4. Manajemen kinerja dan evaluasi
5. Menciptakan lingkungan kerja yang nyaman