Pekerjaan untuk Ekstrovert
Ilustrasi karyawan/freepik.com

5 Jenis Pekerjaan yang Cocok Buat Kamu yang Ekstrovert

Ekstrovert merupakan kepribadian yang aktif dan terbuka dengan segala hal. Seseorang dengan kepribadian ekstrovert juga berperan aktif di lingkungan sosialnya, sehingga dapat membuat suasana menjadi berwarna.

Banyak yang bilang kalau ekstrovert juga cenderung pandai bergaul dan dikenal sebagai pembicara yang baik. Nah, bicara soal dunia kerja, apa pekerjaan yang cocok untuk ekstrovert? Berikut adalah jenis-jenis pekerjaannya.

Pekerjaan yang cocok untuk ekstrovert

  1. Event Organizer

Event organizer adalah pekerjaan yang cocok buat kamu yang memiliki kepribadian ekstrovert. Sebab, pekerjaan ini berhubungan dengan pengelolaan acara dan sering bertemu dengan banyak orang.

Jadi, tak heran kalau pekerjaan ini cocok untuk ekstrovert karena mereka punya kemampuan bersosialisasi yang baik bersama orang-orang baru.

  1. Customer Service

Rekomendasi pekerjaan yang cocok untuk ekstrovert selanjutnya adalah customer service atau CS. Tugas utama dari pekerjaan ini adalah memberikan pelayanan kepada pelanggan. Seorang CS juga harus berhadapan langsung dengan pelanggan untuk memberikan saran, menerima, komplain hingga melayani pelanggan jika ada yang merasa kurang puas terhadap layanan perusahaan.

  1. Guru

Guru merupakan salah satu pekerjaan yang cocok untuk kamu yang berkepribadian ekstrovert. Sebagai guru, kamu punya kewajiban untuk mendidik siswa. Itulah mengapa menjadi guru membutuhkan tipe kepribadian ekstrovert.

Selain itu, guru juga harus pandai dalam berinteraksi dengan siswa, mengelola kelas, dan menjelaskan materi secara interaktif. Sebab, hal ini akan membuat siswa jadi mudah untuk menangkap materi yang disampaikan.

  1. Public Relation

Public Relation atau Hubungan Masyarakat (Humas) bertugas untuk menjadi penghubung antara perusahaan dengan pihak internal dan eksternal. Pekerjaan yang satu ini cocok untuk ekstrovert karena membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik, dan suka bertemu dengan banyak orang.

  1. HRD

Secara umum, tugas seorang HRD adalah mencari karyawan baru untuk mengisi kekosongan posisi di dalam suatu perusahaan. Dalam menyeleksi karyawan, HRD juga akan bertemu dengan banyak tipe orang dan karakter yang berbeda-beda. Jadi, pekerjaan ini lebih cocok dengan individu yang memiliki kepribadian ekstrovert, karena mereka cenderung mampu berinteraksi dengan orang baru.

Penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa seseorang dengan kepribadian ekstrovert lebih cocok dengan pekerjaan yang menuntut kemampuan berkomunikasi yang baik, dan suka bertemu atau berinteraksi dengan banyak orang.