Remote working adalah sistem kerja di mana karyawan tidak perlu ke kantor untuk mengerjakan pekerjaannya. Karyawan bisa menyelesaikan pekerjaannya di rumah, café, hotel atau di mana saja.
Namun, bagaimana cara mengatur jadwal kerja karyawan remote working yang memiliki zona waktu berbeda? Sehingga perusahaan dapat mempekerjakan semua timnya secara fleksibel. Di sisi lain, bekerja dengan tim yang memiliki zona waktu waktu berbeda bisa menjadi tantangan, tetapi dengan strategi yang tepat, kamu bisa membangun lingkungan kerja yang efisien dan produktif.
Yuk, simak beberapa tips mengatur jadwal karyawan remote working dan WFH (work from home) dengan zona waktu berbeda.
- Pastikan karyawan tetap terorganisir
Cara mengelola karyawan yang sedang remote bisa menggunakan aplikasi absensi online. Ini juga merupakan cara yang efisien untuk memastikan karyawan tetap produktif dan terorganisir.
Oleh karena itu, pastikan kamu memilih absensi online yang cocok dengan kebutuhan perusahaan kamu. Pertimbangkan juga fitur-fitur di dalamnya seperti laporan kerja harian, integrasi dengan perangkat lain, dan kemampuan pelacakan lokasi.
- Komunikasi yang jelas
Komunikasi yang jelas adalah cara yang dapat dioptimalkan untuk mengatur jadwal kerja karyawan dengan zona waktu yang berbeda. Kamu bisa memberikan keterangan sejak awal terkait jam kerja harian, shift, dan ketentuan izin serta keterlambatan.
Selain itu, tetapkan aturan juga bahwa semua pekerja harus tetap aktif ketika jam kerja meski berbeda zona waktu.
- Tetapkan prioritas
Tips mengelola jadwal kerja karyawan remote beda zona waktu berikutnya adalah menetapkan prioritas. Periksa prioritas pekerjaan di kantor secara berkala. Bahkan, jika perlu, gunakan tools manajemen proyek yang efisien.
Dengan begitu, kamu bisa memastikan setiap anggota tim memahami prioritas pekerjaan dan berkontribusi untuk mencapai tujuan yang ditentukan bersama.
- Penjadwalan yang fleksibel
Penjadwalan jam kerja karyawan bisa disusun sesuai kebutuhan divisi dan jobdesc. Kamu dapat mempertimbangkannya guna mendukung fleksibilitas dalam jadwal kerja. Hal ini dilakukan supaya karyawan bisa beradaptasi dengan zona waktu yang berbeda-beda, sambil tetap fokus untuk menyelesaikan tanggung jawabnya dan deadline pekerjaan.
- Meeting secara rutin
Cara mengatur jadwal kerja remote dengan zona waktu berbeda bisa dengan membuat jadwal meeting secara rutin yang diikuti semua anggota tim. Pilihlah waktu rapat yang pas dengan mempertimbangkan zona waktu yang berbeda.
Dalam meeting online ini kamu bisa memanfaatkan alat komunikasi seperti conference video atau video konferensi untuk menjaga komunikasi tatap muka. Tidak hanya rapat rutin, kamu bisa juga melaksanakannya dengan sesi jangka pendek (misalnya, harian) untuk pembaruan yang cepat, dan sesi jangka panjang (misalnya, mingguan) untuk review proyek secara menyeluruh.
- Pemisahan tugas
Membagi tugas berdasarkan zona waktu juga harus dipertimbangkan. Sebab, pekerjaan yang membutuhkan kolaborasi intens bisa diatur sedemikian rupa. Jadi, karyawan remote dengan zona waktu yang jauh dapat bekerja bersama.
- Manfaatkan layanan berbasis teknologi
Tips yang terakhir adalah mengandalkan layanan berbasis teknologi seperti aplikasi HR, aplikasi absensi karyawan, aplikasi perencanaan jadwal, alat manajemen tugas, dan platform kolaborasi. Cara yang satu ini memberikan kemudahan dalam mengatur pekerjaan dan komunikasi tim jadi lebih praktis.