Apakah akhir-akhir ini kamu merasa kesulitan untuk fokus pada tugas yang sedang kamu kerjakan? Atau mungkin kamu sering merasa kurang produktif dalam beraktivitas? Tenang, kamu tidak sendirian, kok!
Banyak orang dalam rentang usia produktifnya, dari 18-30 tahun, menghadapi berbagai tantangan seperti sulit fokus dan menurunnya produktivitas di era digital ini. Gangguan ini datang dari berbagai sumber, seperti media sosial, notifikasi di ponsel, dan lingkungan yang bising kerap membuat kita jadi kehilangan fokus dan sulit untuk mencapai produktivitas yang maksimal.
Namun, bahayanya, jika kamu terjebak dalam siklus ini, kemajuan dan pencapaianmu dalam berbagai aspek kehidupan dapat terhambat. Tetapi, jangan khawatir, karena ada berbagai cara untuk mengatasinya.
Definisi produktivitas
Sebelum mengulas cara untuk bisa lebih fokus dan produktif, penting bagi kamu untuk memahami arti dari kata produktif itu sendiri. Produktivitas merupakan tingkat efisiensi dan efektifitas seseorang dalam menyelesaikan tugas-tugasnya atau mencapai tujuan dengan sumber daya yang ada.
Dalam kehidupan sehari-hari, produktivitas berarti kamu mampu mengelola waktu, energi, dan fokus dengan baik untuk mencapai hasil yang kamu inginkan.
Penyebab sulit untuk fokus dan kurang produktif
Ada beberapa faktor yang menyebabkan kita sering kesulitan untuk fokus, salah satunya adalah ketidakmampuan kita dalam mengidentifikasi dan menghadapi gangguan yang muncul di sekitar kita. Untuk mengatasinya, kamu bisa mulai menyelami akar dari masalah kurang fokus tersebut.
Mungkin kamu memiliki kekhawatiran atau masalah yang sedang mengganggu pikiranmu. Atau mungkin juga lingkungan kerja yang kurang kondusif. Jika kamu sudah mengetahui penyebabnya, maka kamu bisa mencari cara yang sesuai untuk mengatasinya.
Sebagai generasi muda, kamu mungkin sering mengalami permasalahan ini. Namun, apa sebenarnya yang menjadi penyebab di balik masalah ini?
-
Distraksi digital
Banyak orang termasuk kita yang sering terjebak dalam lingkaran distraksi, khususnya di dunia digital. Dengan terlalu banyak menghabiskan waktu di dunia digital bisa mengalihkan perhatian kita dan mengurangi produktivitas.
Cara mengatasinya:
- Matikan notifikasi di ponsel
- Buat jadwal waktu khusus untuk media sosial, semisal di pagi hari atau 2 jam menjelang tidur
- Gunakan aplikasi anti distraksi seperti Forest, Stay Focused, RescueTime
- Tetapkan batasan penggunaan gadget, misalnya dengan menggunakan ponsel selama 15 menit setiap dua jam
- Ciptakan lingkungan kerja nyaman dan bebas dari gangguan
- Temukan alternatif aktivitas yang lebih produktif, semisal ketika kamu ingin memeriksa media sosial, alihkan keinginan itu menjadi membaca buku, menulis, atau mengikuti kursus online yang bermanfaat.
-
Kurangnya pengaturan prioritas
Apabila kamu tidak memiliki pengaturan prioritas yang jelas, kamu akan sering terjebak dalam kesibukan tanpa arah yang jelas. Selain itu, kurangnya pemahaman tentang hal yang benar-benar penting dan mendesak dalam hidup bisa juga membuatmu merasa terjebak dalam rutinitas yang kurang produktif.
Cara mengatur prioritas yang baik:
- Buat to do list atau daftar tugas
- Kenali skala prioritas
- Tentukan tujuan jangka pendek dan jangka panjang
- Gunakan teknik manajemen waktu
- Belajar untuk berkata “tidak” kepada tugas atau permintaan yang tidak sesuai dengan prioritasmu
- Evaluasi dan sesuaikan prioritas secara berkala
-
Rasa overwhelm dan kehilangan fokus
Rasa overwhelm muncul akibat terlalu banyak tugas yang harus diselesaikan dalam waktu yang terbatas. Hal ini akhirnya membuat kamu kehilangan fokus, dan kamu pun akan merasa kesulitan untuk fokus pada satu tugas secara efektif ketika terlalu banyak hal yang menghantui pikiranmu.
Cara mengatasinya:
- Membagi tugas menjadi bagian yang lebih kecil
- Sebaiknya hindari multitasking
-
Kurang istirahat dan keseimbangan
Ketidakseimbangan antara pekerjaan dan waktu luang bisa membuat produktivitasmu menjadi menurun. Ketika kamu tidak memberikan tubuh dan pikiran waktu untuk pulih dan bersantai, maka kinerjamu dalam menyelesaikan tugas-tugas bisa terpengaruh.
Cara mengatasinya:
- Prioritaskan waktu untuk beristirahat
- Buat batasan waktu untuk pekerjaan
- Lakukan aktivitas yang membantu relaksasi seperti bermeditasi dan berjalan-jalan
- Jaga kualitas tidur
- Tetap aktif dan berolahraga
- Pelajari dan terapkan teknik manajemen stres
-
Kurang motivasi dan keterikatan emosional
Kamu akan merasa sulit untuk mempertahankan fokus dan motivasi ketika kamu tidak terhubung secara emosional dengan tugas yang sedang kamu kerjakan. Selain itu, kurangnya minat dan keterikatan emosional juga bisa membuat kamu merasa tidak termotivasi sehingga menyebabkan penurunan produktivitas.
Cara mengatasinya:
- Kenali dan pahami tujuanmu
- Temukan makna dalam pekerjaanmu
- Carilah dukungan dan inspirasi
- Ubah pola pikir negatif
- Ciptakan lingkungan yang mendukung
Mengenal gaya hidup produktif
Gaya hidup produktif merupakan pola hidup yang memprioritaskan pengelolaan waktu, energi, dan fokus dengan efisien. Hal ini melibatkan pengaturan prioritas, disiplin diri, dan kemampuan dalam mengelola tugas sehari-hari dengan efektif.
Dengan menerapkan gaya hidup produktif, kamu bisa mencapai keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, serta meraih tujuan-tujuan jangka pendek dan jangka panjang secara efisien.
Bagi kamu yang ingin menerapkan gaya hidup produktif di lingkungan kerja, kamu perlu mengkomunikasikan dengan teman kerjamu dan pimpinanmu terkait kebutuhan untuk fokus dan kerja tanpa gangguan supaya bisa mendukungmu untuk mencapai produktivitas yang lebih baik.