HR Specialist
Ilustrasi HR specialist/freepik

5 Keterampilan untuk Menjadi HR Specialist

  • Post author:
  • Post category:HRD

Dalam dunia kerja, HR Specialist adalah seorang HR yang paham akan segala aspek sumber daya manusia (SDM), dan mampu mengerjakan tugas tertentu. Seorang HR Specialist juga bertanggung jawab untuk melakukan tugas HR Generalist. Tetapi, mereka memiliki spesialisasi dalam satu bidang SDM.

Dengan spesialisasi tersebut, mereka bisa menerapkan keterampilan teknis dan pengetahuan khusus untuk memberikan manfaat bagi organisasi. Contohnya, rekrutmen, memfasilitasi pelatihan, resolusi konflik, dan lainnya.

Bagaimana menjadi HR Specialist?

HR Specialist memiliki peran yang hampir sama seperti staf di divisi HR. Mereka dapat membantu organisasi dalam menemukan kandidat yang tepat untuk sebuah posisi dan/atau membantu karyawan supaya bisa meningkatkan kinerjanya.

Ada tiga hal yang perlu diperhatikan jika kamu ingin menjadi HR Specialist, yakni Pendidikan, permintaan, dan jenjang karir.

Pendidikan

Idealnya, seorang HR Specialist memiliki latar belakang pendidikan sarjana dari jurusan psikologi atau jurusan lain dengan konsentrasi manajemen SDM.

Meski begitu, sarjana atau staff HR akan mengambil program sertifikasi di bidang SDM. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk:

  • Meningkatkan kompetensi staf HR
  • Menjalankan tugas yang berhubungan dengan SDM
  • Membantu perusahaan untuk merumuskan strategi serta kebijakan yang relevan

Meskipun tidak wajib, program tersebut akan tetap mempelajari tentang administrasi personalia, hubungan industrial, strategi kinerja organisasi, pengembangan budaya organisasi, dan ilmu sosial.

Adapun program kompetensi bersertifikat di antaranya:

  • Certified Human Resource Professional (CHRP)
  • Certified Professional in Human Resources Management (CPHRM)
  • Human Resources Business Professional (HRBP)
  • Human Resources Management Professional (HRMP)
  • SHRM Certified Professional (SHRM-CP)

Permintaan pasar

Menurut Bureau of Labor Statistics Amerika Serikat (AS), ketersediaan untuk pekerjaan HR Specialist diprediksi bakal tumbuh 10 persen darn 2020 sampai 2030. Bahkan, pertumbuhannya secepat rata-rata semua pekerjaan.

Selain itu, prospek pekerjaannya juga diharapkan menguntungkan, karena ada proyeksi lowongan HR Specialist sebesar 73.400 setiap tahunnya. Lowongan itu akan memenuhi kebutuhan perusahaan dalam bursa penggantian karyawan yang pindah ke pekerjaan lain atau memasuki usia pensiun.

Permintaan role ini juga akan tinggi di sektor pelayanan scientific, sektor bersifat teknis, dan jasa profesional lain. Pada sektor tersebut tidak hanya menawarkan kesempatan lebih banyak, tapi juga menawarkan gaji yang cukup tinggi, yakni USD62,290 atau sekitar Rp 934,4 juta per tahun, median Mei 2021.

Karier HR

Seorang HR Specialist biasanya akan memulai kariernya sebagai staff HR atau HR Generalist sekitar dua tahun.

Apabila kamu ingin meningkatkan kehidupan pekerjaan, bidang HR menawarkan karier dengan peran yang lebih tinggi atau lebih strategis. Salah satunya, ia bisa mengembangkan karirnya menjadi spesialis HR.

Dengan mengemban peran HR Specialist, kamu memiliki peluang untuk memperluas pengetahuan sekaligus membantu organisasi untuk mengamankan asetnya yang paling berharga alias karyawan.

Keterampilan yang harus dikuasai oleh seorang HR Specialist

  1. Berorientasi pada detail

Seorang HR Specialist harus berorientasi pada detail. Dalam hal ini, kamu harus mampu memperhatikan detail pekerjaanmu.

Sebab, orang yang berorientasi pada detail dapat menjalankan tugasnya dengan penuh perhatian dan menangkap kesalahan atau perubahan pada karyawan atau kandidat. Bahkan, ia juga mampu mengidentifikasi masalah sebelum menjadi masalah yang lebih besar.

Sebagai contoh, HR Specialist dalam bidang rekrutmen akan memperhatikan job description, menerapkan screening, bisa menggali informasi kandidat, hingga memberikan pengalaman onboarding dengan baik.

  1. Keterampilan berkomunikasi

Mengasah kemampuan berkomunikasi akan melatih kamu untuk dapat menyampaikan informasi dengan baik melalui tulisan maupun ucapan, serta berempati terhadap situasi karyawan dan kandidat.

  1. Keterampilan mendengarkan

Kamu perlu mendengarkan lawan bicaramu supaya bisa memahaminya. Kemampuan mendengarkan ini membuat HR Specialist memperhatikan situasi dan gestur, memahami konteks, dan memberikan tanggapan secara tepat.


  1. Interpersonal skills

Keterampilan interpersonal berguna untuk menjembatani antara perusahaan dan karyawan. Apabila kamu mampu mengkomunikasikan kebutuhan keduanya, maka pekerjaan lainnya menjadi lancar.

  1. Kemampuan memecahkan masalah

Selain didasari pengalaman, kemampuan memecahkan masalah juga bisa dilatih. Keterampilan ini dapat mendorong kamu dalam mengidentifikasi masalah, memetakan beberapa solusi, menjelaskan nilai plus dan minus solusi, hingga menentukan solusi yang tepat.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menjadi HR Specialist?