Key Performance Indicator atau KPI merupakan istilah dalam dunia kerja yang berkaitan dengan performa kerja karyawan. Istilah ini memang sudah dipahami oleh sebagian pekerja. Namun, ada juga yang masih belum mengerti mengenai KPI yang mempunyai pengaruh terhadap perusahaan.
Pengertian KPI
KPI adalah indicator untuk mengukur kinerja atau performa seorang karyawan. Menurut Populix, KPI menjadi alat ukur untuk mengevaluasi seberapa efektif perusahaan dalam mencapai tujuan bisnisnya.
Selain itu, KPI juga merupakan parameter dalam penilaian kinerja dan perkembangan bisnis dari waktu ke waktu dengan tujuan untuk mencapai target tertentu.
Setiap perusahaan mempunyai visi misi bisnisnya sendiri, tetapi tidak mudah untuk mencapainya. Oleh karena itu, peran KPI cukup penting. Sebab, melalui KPI, perusahaan bisa mengetahui dan menyusun strategi yang tepat untuk merespon kondisi yang dialami dalam mencapai tujuan bisnis.
Fungsi KPI
- Mengukur kinerja
KPI berfungsi untuk mengukur performa bisnis maupun organisasi yang bekerja untuk mencapai target yang telah ditentukan.
Suatu perusahaan dapat mengukur apakah upaya yang telah dilakukan karyawan atau organisasinya berdampak baik, atau buruk untuk bisnisnya. Data dari hasil KPI juga bisa digunakan untuk menentukan langkah yang akan diambil oleh perusahaan untuk ke depannya.
- Transparansi data
KPI bisa dijadikan sebagai transparansi data, karena menghasilkan data melalui evaluasi kinerja karyawan dan bisnis perusahaan. Data yang dihasilkan itulah yang bisa memperjelas transparansi data yang dibutuhkan oleh pekerja maupun bisnis. Hal ini juga akan menghindari kecurigaan untuk menutup-nutupi suatu masalah.
- Mengasah kemampuan
Kemampuan seorang karyawan idealnya akan meningkat dan bertambah seiring lamanya bekerja. Keterampilan seseorang juga bisa dilihat dari tercapai atau tidaknya target kerja yang diberikan.
Sebagai alat ukur, KPI memungkinkan seseorang untuk bisa mengetahui apakah dengan kemampuan yang dimilikinya mampu mencapai target atau tidak.
- Sebagai penyemangat kerja
Seorang karyawan bisa mengetahui seberapa bagus kinerjanya dengan KPI. Selain itu, ia juga akan tahu terkait performanya apakah sudah sesuai dengan standar perusahaan atau tidak.
Apabila hasil dari KPI menunjukkan kalau performanya belum mencapai target, maka hal tersebut akan mendorongnya untuk lebih bersemangat lagi dalam bekerja.
Indikator KPI
Menurut laman Populix, ada beberapa indikator yang perlu diperhatikan dalam menyusun Key Performance Indicator. Berikut sejumlah indikatornya.
- Spesifik (Specific)
Sebuah indikator yang menjelaskan detail mengenai hal apa saja yang diukur dalam indikator utama performa beserta penjelasan kenapa itu penting dijadikan sebagai indikator.
- Terukur (Measurable)
Perusahaan harus membuat KPI yang bisa diukur dengan standar yang ditentutkan agar dapat menghasilkan data yang bisa dipercaya.
- Tercapai (Achievable)
KPI harus bisa mencapai semua pihak yang terlibat dalam kesepakatan kerja.
- Sesuai (Relevant)
Sebagai alat ukur, KPI harus sesuai dengan visi misi dari tujuan bisnis yang ingin dicapai.
- Batas waktu (Time-bound)
KPI harus dibuat dan bisa tercapai dalam jangka waktu yang telah ditentukan.