You are currently viewing Yuk, Cari Tahu Manfaat Pelatihan dalam Hasilkan SDM yang Berkualitas

Yuk, Cari Tahu Manfaat Pelatihan dalam Hasilkan SDM yang Berkualitas

Perusahaan yang berkualitas berbanding lurus dengan kualitas sumber daya manusianya. Selain itu, perusahaan juga harus memiliki sistem yang mumpuni dan sesuai. Perusahaan juga harus melakukan manajemen SDM dengan sangat baik dan optimal lewat divisi HRD.

Dengan manajemen yang baik dan tepat, perusahaan tentu bakal mampu melahirkan SDM yang bermutu dan berkualitas.

HRD punya peran yang cukup vital di dalam sebuah perusahaan. Hal tersebut dikarenakan pekerjaannya yang berhubungan erat dengan karyawan perusahaan. Maka dari itu, sangat penting untuk memilih dan mempunyai HRD yang berkompeten dan cekatan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

Untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas dari HRD itu sendiri, cara yang bisa digunakan adalah dengan memberikan pelatihan kepada HRD di perusahan. Seperti apa pelatihannya? Berikut berbagai jenis dan manfaatnya bagi perusahaan.

1. Memudahkan perusahaan untuk mendapatkan kandidat terbaik
Melakukan rekrutmen untuk mendapatkan karyawan baru yang memiliki potensi adalah tugas utama dari seorang HR.

Kualitas SDM menentukan maju dan berkembangnya sebuah perusahaan. Oleh karenanya, strategi perekrutan karyawan harus dilakukan dengan baik dan benar.

Salah satu manfaat dari pelatihan HR ini adalah untuk mengevaluasi strategi perekrutan yang ada dan telah dijalankan oleh HR atau perusahaan. Kemudian apakah strategi itu sudah berjalan dengan optimal, atau malah sebaiknya.

2. Mengoptimalkan pengelolaan SDM perusahaan
Manfaat pelatihan berikutnya adalah membantu perusahaan atau pun HRD dalam melakukan pengelolaan SDM yang ada di perusahaan. Mencari karyawan yang berpotensial saja tidak cukup untuk memajukan sebuah perusahaan.

Perlu juga sebuah manajemen yang baik dan benar, supaya sistem yang ada di perusahaan bisa berjalan sesuai dengan tujuan bisnis. Sementara, untuk manfaatnya, bisa meningkatkan kemampuan dan pengetahuan mengenai manajemen HR.

3. Update terhadap tren dan isu
Update soal isu terkini, terutama pada hal yang berhubungan dengan HR juga menjadi sebuah kewajiban yang perlu dilakukan.

Pelatihan-pelatihan HR ini biasanya juga mengundang berbagai macam expert di bidang HR untuk membahas tren mau pun isu seputar dunia HR, baik itu yang sudah terjadi maupun yang akan terjadi.

Dengan update terhadap tren dan isu yang terjadi, perusahaan bisa melakukan antisipasi terhadap isu-isu yang memungkinkan untuk terjadi pada perusahaan di masa mendatang.

4. Menambah wawasan dan pengalaman
Dengan memberikan pelatihan kepada HRD perusahaan bisa menambah wawasan dan pengalam yang mereka punya. Karena, arus informasi yang diberikan dalam pelatihan HR tak selalu hanya dari pengajar peserta, tapi bisa juga berasal dari segala arah.

Para peserta pelatihan dapat berbagi cerita mengenai pengalaman dan kejadian yang pernah mereka alami di perusahaannya masing-masing. Jadi, para peserta bisa saling belajar dan menemukan jalan keluar yang sesuai dengan isu-isu tersebut.

Sesi sharing itu juga berfungsi untuk memotivasi HR buat terus berkembang dan terus mengasah kemampuannya dalam menyelesaikan isu yang terjadi di perusahaan masing-masing.